Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berjualan Melayani Konsumen Toko Online Shop Yang Baik

Toko Online shop siapa yang gak kenal dengan bisnis salah satu ini ,bisnis yang mungkin dianggap sampingan tapi hasilnya lumayan buat isi kantong dompet atm kita :D ..  yang harus diketahui buat pemula bisnis satu ini yaitu melayani konsumen dengan baik sopan dan bahkan menarik konsumen untuk membeli produk produk yang kita iklankan di internet ,blog , bbm , whatsapp atau sejenis media sosial lainnya,  oke langsung aja mari kita belajar bersama sama cara melayani konsumen yang baik dan benar ,berikut :



1. Sapa Secara Pribadi
Menyapa konsumen dengan sapaan pribadi akan memberikan dampak bagi orang tersebut merasa dihargai. Dalam situasi apapaun, rasa penghargaan atas eksistensi seseorang memberikan peran yang sangat berpengaruh dalam jalinan komunikasi. kamu bisa menanyakan terlebih dahulu siapa namanya, kemudian gunakan sapaan ibu/bapak sebelum menyebut nama. Percaya atau tidak, seseorang akan memberikan respon yang berbeda saat namanya disebut menjadi subjek obrolan daripada sekedar menyebut sapaan umum seperti pak/ibu/mas/mbak.

2. Cari Informasi dan Tawarkan Bantuan
Setelah kamu bertanya nama, lanjutkan dengan menawarkan bantuan. Carilah informasi dari calon konsumen mengenai kebutuhannya. kamu bisa bertanya seputar produk secara umum dan spesifikas detilnya. Misalnya kamu menjual sepatu pria, maka bisa mengajukan pertanyaan mengenai model sepatu, warna dan size sepatu yang diinginkan oleh konsumen. Gali informasi sebanyak-banyaknya, kamu bisa juga bertanya untuk keperluan apa sepatu yang akan dibeli. Apakah untuk acara formal? semi formal atau casual. Akan lebih baik lagi jika kamu memberikan saran-saran solusi alternatif atas kebutuhan calon konsumen.

3. Konfirmasi Informasi
Kini kamu sudah mendapatkan informasi lengkap mengenai apa yang dibutuhkan. Lanjutkan dengan melakukan konfirmasi ulang atas informasi awal tadi. Tanyakan kembali kepada calon konsumen.



Model pertanyaan konfirmasinya bisa seperti ini:
"Jadi, kamu menginginkan sepatu pria casual warna hitam, ukuran 42 untuk pengiriman ke kota Jakarta?"

Konfirmasi info ini bukan saja untuk kepentingan pendataan kamu selaku penjual. Tapi akan memberikan efek meyakinkan pelanggan. Minimalnya mereka yakin bahwa kamu selaku penjual sudah memahami apa yang diinginkan pembeli.

4. Pandu Sampai Tuntas
Tidak semua orang punya pengalaman jual beli online. Ada kalanya kamu akan dihadapkan pada konsumen yang masih awam dengan istilah-istilah yang ada dalam transaksi online. Sebagai seorang penjual tugas kamu adalah memandu calon konsumen step by step sampai tuntas. Mulai dari cara pemesanan, cara pembayaran dan konfirmasi pembayaran.

5. Berikan Kesempatan Bertanya
Pastikan bahwa konsumen sudah paham dengan instruksi cara order yang sudah kamu berikan. Caranya dengan memberikan kesempatan baginya bertanya terhadap hal-hal yang masih belum dipahami. Seorang penjual harus bersabar, jka ada yang belum jelas kamu harus mengulang kembali informasi yang disampaikan. Namun jika sudah jelas, kamu bisa melakukan closing dengan menyampaikan salam penutup.


Misalnya,
"Terima kasih telah menghubungi kami, jika masih ada yang belum jelas, hubungi kami kapan saja"

Keempat hal diatas bisa kamu praktekkan langsung ketika menangani calon konsumen. Ingatlah, setiap manusia memiliki karakter yang berbeda. Jika dilakukan secara terus-menerus, kamu akan terbiasa dalam menghadapi berbagai situasi dan berbagai karakter konsumen kamu. Semoga berhasil!

Posting Komentar untuk "Cara Berjualan Melayani Konsumen Toko Online Shop Yang Baik"